Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta
karunia-Nya kepada kami sehingga kami
berhasil menyelesaikan makalah ini yang Alhamdulillah tepat pada waktunya
yang berjudul “ Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan “.
Makalah ini berisikan tentang operasi perkalian dan
pembagian pecahan, atau yang lebih khususnya membahas tentang operasi perkalian
pecahan biasa dan pecahan campuran serta pembagian pecahan biasa dan pecahan
campuran. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua
tentang operasi perkalian dan pembagian pecahan. Kami menyadari bahwa makalah
ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak
yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata kami sampaikan terimakasih
kepada pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal
sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Aamiin.
Banda
Aceh, November 2013
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR........................................................................................................
i
DAFTAR
ISI......................................................................................................................
ii
BAB
I PENDAHULUAN..................................................................................................
1
1.1 Latar
Belakang..............................................................................................................
1
1.2 Rumusan
Masalah..........................................................................................................
2
1.3 Tujuan............................................................................................................................
2
BAB
II PEMBAHASAN...................................................................................................
3
2.1
Operasi Perkalian Pecahan.............................................................................................
3
A. Perkalian
Pecahan Biasa..........................................................................................
3
B. Perkalian
Pecahan Campuran..................................................................................
7
2.2
Operasi Pembagian Pecahan..........................................................................................
10
A. Pembagian
Pecahan Biasa.......................................................................................
10
B. Pembagian
Pecahan Campuran................................................................................
15
BAB
III PENUTUP............................................................................................................
17
3.1
Kesimpulan....................................................................................................................
17
3.2
Saran..............................................................................................................................
17
DAFTAR
PUSTAKA.........................................................................................................
18
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pecahan merupakan salah satu kajian inti dari
materi matematika yang dipelajari peserta didik di Sekolah Dasar (SD).
Pembahasan materinya menitikberatkan pada
pengerjaan (operasi) hitung dasar yaitu penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian, baik untuk pecahan biasa maupun campuran .
Pada
pembelajaran matematika di Sekolah Dasar, konsep pecahan dan operasi merupakan
konsep yang penting untuk dikuasai oleh siswa. Akan tetapi menurut Muhsetyo,
dkk (2004:3.32),
kenyataan di sekolah
dasar menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan memahami pecahan dan
operasinya, dan banyak guru Sekolah Dasar menyatakan mengalami kesulitan untuk
mengajarkan pecahan .Para guru cenderung menggunakan cara yang mekanistik,
yaitu memberikan aturan secara langsung untuk dihafal, diingat dan diterapkan.
Pembelajaran
secara mekanistik berdampak pada ketidakbermaknaan proses belajar siswa karena
matematika disajikan terpisah dari konteks yang bisa dipahami siswa pada awal
pembelajaran.Sehingga konsep matematika akan cepat dilupakan oleh siswa dan
siswa pun akan sulit menerapkan konsep tersebut.
Diduga
salah satu penyebab dari keadaan tersebut adalah kurangnya kompetensi guru
terutama kompetensi profesional dan pedagogik. Di sisi lain guru masih dituntut
untuk mewujudkan pembelajaran yang Aktif, Kreatif,Efektif dan Menyenangkan
(PAKEM). Salah satu komponen penunjang untuk mewujudkan PAKEM adalah bahan
tertulis yang mudah digunakan oleh guru.Oleh karena itu makalah berjudul
“Pembelajaran Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan” ini ditulis untuk
membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran
yang terkait operasi
perkalian dan pembagian pecahan baik pecahan biasa maupun pecahan campuran.
1.2
Rumusan
Masalah
Rumusan
masalah adalah kumpulan beberapa pokok bahasan dalam sebuah makalah.Adapun
masalah yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu :
1. Operasi
perkalian pecahan biasa
2. Operasi
perkalian pecahan campuran
3. Operasi
pembagian pecahan biasa
4. Operasi
pembagian pecahan campuran
1.3
Tujuan
Adapun
tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Menjelaskan
tentang operasi perkalian pecahan biasa
2. Menjelaskan
tentang operasi perkalian pecahan campuran
3. Menjelaskan
tentang operasi pembagian pecahan biasa
4. Menjelaskan
tentang operasi pembagian pecahan campuran
BAB
II
PEMBAHASAN
OPERASI
PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN
Selain
penjumlahan dan pengurangan pada operasi hitung bilangan pecahan juga ada
perkalian dan pembagian. Apabila bilangan pecahan berbeda bentuk untuk
memudahkan perkalian atau pembagian pada bilangan pecahan sebaiknya ubah dulu
pecahan tersebut ke bentuk pecahan yang sama. Misalnya pecahan kita ubah ke
bentuk pecahan biasa. Hasil perkalian atau pembagian sebaiknya langsung
disederhanakan.
2.1 PERKALIAN PECAHAN
A.
Operasi
Perkalian Pecahan Biasa
Contoh:
3. Ibu mempunyai
bagian dari kue cake. Jika Ibu menghidangkan
nya, maka
yang dihidangkan ... bagian.
4.
Untuk memperlihatkan perkalian
kita menggunakan dua buah luasan
Dari
uraian di atas dapat kita simpulkan secara umum bahwa
=
B.
Perkalian
Pecahan Campuran
Contoh:
1.
Nyatakan
setiap pecahan campuran dalam bentuk pecahan biasa, contohnya
.
Hal ini untuk mengarahkan siswa menggunakan transparan
seperti di bawah ini, yaitu 4 buah pecahan
2.2 PEMBAGIAN PECAHAN
A.
Pembagian
Pecahan Biasa
Contoh:
Ibu mempunyai satu botol
ukuran 1000 ml yang hanya terisi air setengahnya. Kemudian ibu ingin
menuangkannya pada botol ukuran 250 ml. Berapa botol baru yang terisi oleh air?
Bentuk matematika dari permasalahan diatas adalah
1.
Dari gambar
di atas, terlihat bahwa dua botol terisi penuh oleh air. Maka hasil dari
adalah 2
Dari gambar
di atas, satu botol terisi penuh dan botol kedua hanya terisi
bagiannya. Maka kita dapat
=
B.
Pembagian
Pecahan Campuran
Contoh:
Pada
dasarnya pembelajaran pembagian yang menyangkut pecahan campuran konsepnya
hampir sama dengan pecahan biasa. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran
pembagian pada konsep pecahan biasa merupakan dasar untuk untuk menuju
pembagian pecahan yang lain. Hal penting yang harus diingat dan sebaiknya
dilakukan guru adalah memberikan permasalahan sehari-hari yang mengawali yang
akan dikupas.
Apabila bilangan asli dibagi dengan
pecahan campuran, maka pecahan campuran diubah menjadi pecahan biasa dan
pembagian berubah menjadi perkalian tetapi pecahannya dibalik (penyebut menjadi
pembilang dan pembilang menjadi penyebut).
Maka penyelesaian
permasalahan tersebut menjadi sebagai berikut:
3) 3
3
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
1. Pecahan
dikalikan pecahan hasilnya adalah pembilang dikalikan pembilang dan penyebut
dikalikan penyebut atau dalam bentuk umum:
=
2. Pecahan
campuran dikalikan pecahan campuran hasilnya dapat diperoleh dengan mengubah
terlebih dahulu pecahan campuran ke bentuk pecahan biasa dan selanjutnya
menggunakan kunci “pembilang kali pembilang dan penyebut kali penyebut”
3. Bentuk
secara umum pecahan dibagikan pecahan yaitu:
4. Apabila
bilangan asli dibagi dengan pecahan campuran, maka pecahan campuran diubah
menjadi pecahan biasa dan pembagian berubah menjadi perkalian tetapi pecahannya
dibalik ( penyebut menjadi pembilang dan pembilang menjadi penyebut).
3.2 Saran
Makalah
“Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan” ini diharapkan dapat membantu dalam
mencapai tujuan pembelajaran yang terkait operasi perkalian dan pembagian
pecahan baik pecahan biasa maupun pecahan campuran. Makalah ini belum sempurna,
diharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca.
DAFTAR
PUSTAKA
Y.D Sumanto, dkk. 2008.
Gemar Matematika 5. Jakarta:
Depdiknas
Sunaryo, R.J. 2007. Gemar Matematika 5. Jakarta: Depdiknas
Sukayati, dkk. 2009. Modul Matematika SD Program Bermutu. Sleman:
Depdiknas
Dra. Sukayati M,Pd.
2003. Pelatihan Supervisi Pengajaran untuk Sekolah Dasar.
Yogyakarta:
Depdiknas
Mariani,
Scolastika. 2009. Pengajaran Konsep
Pecahan dan Katabaku Pecahan di Sekolah
Dasar. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar